Bimbingan Teknis Analisis Jabatan Bagi Kepala Bagian dan Kepala Unit PDAM Kab. Pasuruan.

  • 15 Juli 2020
  • Dibaca: 2194 Pengunjung
Bimbingan Teknis Analisis Jabatan Bagi Kepala Bagian dan Kepala Unit  PDAM Kab. Pasuruan.

   Sumberdaya manusia mempunyai peran besar bagi kesuksesan suatu organisasi, karena unsur manusia dalam suatu organisasi dapat memberikan keunggulan.bersaing dengan membuat sasaran, strategi, inovasi, dan mencapai tujuan organisasi. Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam organisasi, maka salah satu persiapan menghadapi perubahan-perubahan di masa yang akan datang yaitu dengan mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas.

   Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Pasuruan tentu juga memiliki kewajiban untuk mempersiapkkan SDM yang berkualitas. Ada dua hal penting yang menjadi bagian penting untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas tersebut. Pertama, para pegawai harus mengetahui tugas yang menjadi kewajiban mereka melalui kejelasan peran yang termuat didalam Analisa Jabatan, dan kedua, perkembangan teknologi membuat para pegawai membutuhkan keterampilan dan pengetahuan sehingga kebutuhan akan pelatihan harus dirumuskan sesuai dengan peran yang dijalankan” jelas Za’ari,ST dalam sambutannya.

     Analisis jabatan merupakan cara yang sistematis yang mampu mengindentifikasi serta menganalisa persyaratan apa saja yang diperlukan dalam sebuah pekerjaan serta personel yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan sehingga sumber daya manusia yang dipilih mampu melaksanakan pekerjaan itu dengan baik. Dari hasil analisis jabatan tersebut maka organisasi akan mampu menentukan karateristik seperti apa yang harus dimiliki calon pegawai sebelum menduduki sebuah jabatan, yang outputnya berupa spesifikasi jabatan dan deskripsi pekerjaan. Dimana dalam deskripsi pekerjaan tersebut memuat tugas, fungsi, wewenang & tanggung jawab seorang pegawai. Sedangkan dalam spesifikasi jabatan memuat siapa yang akan melakukan pekerjaan tersebut serta apa saja persyaratan yang dibutuhkan terutama yang menyangkut masalah skill individu. Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis analisis jabatan para pegawai dilingkungan PDAM Kab. Pasuruan dapat bekerja secara profesional dan memenuhi target perusahaan.

  • 15 Juli 2020
  • Dibaca: 2194 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya