PELATIHAN OPERATOR SPAM UMBULAN OLEH PT. META ADHYA TIRTA

  • 05 Maret 2020
  • Dibaca: 253 Pengunjung
PELATIHAN OPERATOR SPAM UMBULAN OLEH PT. META ADHYA TIRTA

Pasuruan – PT. Meta Adhya Tirta Umbulan mengundang beberapa pihak terkait pengoperasionalan proyek SPAM Umbulan dalam acara Pelatihan Operasional SPAM Umbulan yang digelar selama 3 hari (27-29 Februari 2020). Pelatihan ini diikuti oleh beberapa dinas terkait, antara lain PDAM Giri Nawa Tirta Kab. Pasuruan, PDAM Kota Pasuruan, PDAM Delta Tirta Sidoarjo, PDAM Surya Sembada Surabaya, PDAM Giri Tirta Kab. Gresik dan PT. Air Bersih Jawa Timur.

Materi pelatihan ini seputar metode operasional SCADA, pemantauan kualitas air, teknik per-pipaan yang dipakai pada proyek ini. Direktur proyek, Yan Kuryana berharap dengan adanya pelatihan selama 3 hari ini semua pihak terkait proyek SPAM Umbulan bisa mengerti dan paham proses dari hulu (mata air Umbulan) sampai ke hilir (masyarakat). Jaringan pipa yang akan terpasang yaitu sepanjang 96 Km dari mata air Umbulan, Pasuruan hingga Kabupaten Gresik. Sejak tahun 2017 lalu, SPAM telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan distribusi air SPAM Umbulan yang memiliki debit air 4000 liter per detik. Dengan adanya proyek tersebut kebutuhan air bersih di lima Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yaitu Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kab. Gresik bisa terpenuhi secara maksimal. Pipa sepanjang 96 Km tersebut akan dipasang beberapa Rumah Meter (Tapping Point) untuk mengalirkan air ke reservoir/bak penampung di beberapa wilayah. Tapping Point tersebut ada di daerah Winongan, Pohjentrek, Pleret, Porong, Gempol, Bangil, Tanggulangin, Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan, Waru, Wonocolo, Alas Malang, dan yang terakhir di off take Gresik.

Air dari SPAM Umbulan juga akan dilakukan pemantauan secara berkala tentang kualitas air sesuai Permenkes no. 492 Tahun 2010 tentang kualitas Air Minum. Beberapa parameter kualitas air yang akan dilakukan pemantauan berkala antara lain PH, kekeruhan, warna, temperatur, rasa, Total Dissolved Solids (TDS). Pemantauan berkala yang dilakukan dari PDAM Kab. Pasuruan diharapkan air yang terdistribusi ke masyarakat Kab. Pasuruan sudah memenuhi standar kualitas air minum yang aman untuk dikonsumsi.

  • 05 Maret 2020
  • Dibaca: 253 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya