Pelatihan Operator Reservoir dan SCADA System

  • 30 November 2019
  • Dibaca: 2053 Pengunjung
Pelatihan Operator Reservoir dan SCADA System

Pasuruan - Dalam Rangka aktivasi SPAM Umbulan PT.ADHI KARYA (Persero) bekerjasama dengan PDAM Giri Nawa Tirta Kab.Pasuruan,PDAM Kota Pasuruan dan PDAB mengadakan pelatihan operator reservoir dan SCADA Sistem .SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) adalah sebuah kategori software yang digunakan untuk mengontrol proses sekaligus mengumpulkan data secara real-time pada lokasi (bisa lebih dari satu) yang di-remote secara software untuk mengatur & mengelola jalannya peralatan seperti halnya Oil and Gas Refining, Transportasi, Air dan pengontrolan Limbah. Tak mau ketinggalan, dengan sigap PT. ADHI KARYA (Persero) mengadakan Pelatihan atas jenis Software tersebut. Bertempat di Hotel Horizon Pasuruan, selama 1 hari yakni 26 Novembr 2019 sekitar 35 peserta mengikuti pelatihan ini dan dihadiri juga oleh direktur utama PDAM Giri Nawa Tirta Kab.Pasuruan Bpk Za’ari,ST.

Pelatihan SCADA ini disampaikan oleh Agus S selaku manager proyek SPAM Umbulan dari PT ADHI KARYA (Persero).dimana beliau memberikan gambaran umum tentang SCADA dan implementasinya seperti penggunaan sistem ini dalam telekomunikasi, kontroller arus kuat/lemah,dan Air. Dalam kesempatan ini pula beliau mengajarkan kepada peserta tentang software IX Developers yang merupakan salah satu software HMIs (Human-Machine Interfaces) yang digunakan dalam sistem SCADA. Agus juga menjelaskan tentang bagaimana membuat BAS (Building Automation System) mulai dari Lampu, Water-pump atau pompa air, mengaktifkan valve secara remote yang diakses menggunakan sistem SCADA secara mudah.Tak hanya sampai disitu saja,lalu dari PT.Yokogawa Indonesia juga memaparkan bagaimana melakukan koneksi komputer,Troubleshooting sampai “Remote” rumah dari luar kota menggunakan sistem SCADA dengan menggunakan koneksi internet yang nanti disematkan melalui aplikasi yang berjalan pada aplikasi handphone.

Kepala Proyek SPAM Umbulan itu juga menjelaskan bahwa SCADA memang sudah diterapkan di berbagai instansi seperti PT.KAI , PLN, Perusahaan Telekomunikasi dan Transportasi lainya. Taruhlah di bidang transportasi, Sistem SCADA ini digunakan untuk pengaturan Traffic Lalu Lintas, Kereta Api. beliau juga menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta dan juga memberikan pengetahuan yang lebih jauh tentang perkembangan kontrol modern sehingga operator nanti bisa memahami, menerapkan dan membuka wawasan lebih baik lagi.

  • 30 November 2019
  • Dibaca: 2053 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya